Ini Strategi Puskesmas Kelurahan Untung Jawa Tekan Kasus COVID-19

By Al


nusakini.com - Jakarta - Puskesmas Kelurahan Pulau Untung Jawa terus melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu melalui sejumlah strategi.

Kepala Puskesmas Kelurahan Pulau Untung Jawa, Dede Hary Irawan mengatakan, inisiatif pencegahan penyebaran COVID-19 dilakukan bersama petugas Posko PPKM setempat dengan melakukan operasi tertib protokol kesehatan secara rutin di area publik dan lingkungan permukiman warga.

"Kami melakukan penyuluhan keliling kampung bersama tim promosi kesehatan (promkes) mengenai bahaya COVID-19 dan pencegahannya. Tidak kalah penting kami juga terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 bagi warga sasaran," ujarnya

Dede menjelaskan, pemantauan terhadap penyintas maupun pasien isolasi mandiri juga dilakukan untuk memastikan yang bersangkutan tidak keluar rumah. Kemudian, tim kesehatan Puskesmas melakukan terapi pengobatan secara online yang disebut dengan telekonsul.

"Apoteker Puskesmas juga kami kerahkan untuk mengantarkan obat ke rumah pasien isolasi mandiri berkolaborasi dengan aparatur kelurahan serta pengurus RT/RW," terangnya.

Ia menambahkan, per 28 Juli 2021 masih ada sembilan warga terpapar COVID-19 yang masih menjalani isolasi mandiri.

"Ada penurunan signifikan kasus aktif sejak pemberlakuan PPKM Darurat hingga PPKM Level 4 saat ini. Semoga sembilan warga yang positif segera sembuh dan tidak ada tambahan kasus baru," tandasnya.